azzie

azzie

Minggu, 13 November 2011

Bahaya Malware di Jejaring Sosial


Perangkat perusak/Malware(malicious software) adalah perangkat lunak yang diciptakan untuk menyusup atau merusak sistem komputer.Kerugian yang ditimbulkan dari kehadiran Malware sangat beragam, mulai dari memperlambat kerja sistem komputer, merusak atau menghilangkan data hingga mampu memberikan perintah kepada komputer yang telah terinfeksi Malware dari jarak jauh (Remote Access).Berikut ini berbagai jenis Malware yang dinilai paling dominan menginfeksi komputer di Indonesia:
1. Virus
Virus merupakan program komputer yang bersifat mengganggu dan merugikan pengguna komputer. Virus adalah Malware pertama yang dikenalkan sebagai program yang memiliki kemampuan untuk mengganggu kinerja sistem komputer
2. Worm
Worm mampu untuk menyebar melalui jaringan komputer tanpa harus tereksekusi sebelumnya. Setelah masuk ke dalam sistem komputer, Worm memiliki kemampuan untuk mereplikasi diri sehingga mampu memperbanyak jumlahnya di dalam sistem komputer.
3. Trojan Horse
Trojan Horse merupakan Malware berbahaya, lebih dari sekedar keberadaannya tidak diketahui oleh pengguna komputer. Trojan dapat melakukan aktivitas tak terbatas bila sudah masuk ke dalam sistem komputer. Kegiatan yang biasa dilakukan adalah merusak sistem dan file, mencuri data, melihat aktivitas user (spyware), mengetahui apa saja yang diketikkan oleh user termasuk password (keylogger) bahkan menguasai sepenuhnya komputer yang telah terinfeksi Trojan Horse.
4. Spyware
Aktivitas Spyware terasa sangat berbahaya karena rentan terhadap pencurian password. Dari kegiatan ini juga akhirnya lahir istilah Adware yang merupakan iklan yang mampu muncul secara tiba-tiba di komputer korban hasil dari mempelajari aktivitas korban dalam kegiatan berkomputer. Spam yang muncul secara tak terduga di komputer juga merupakan salah satu dampak aktivitas Spyware yang dirasa sangat menjengkelkan.
5. Backdoor
Dengan metode Backdoor maka akan sangat mudah untuk mengambil alih kendali dari komputer yang telah berhasil disusupi. Setelah berhasil masuk maka aktivitas yang dilakukan oleh Backdoor antara lain adalah mengacaukan lalu lintas jaringan, melakukan brute force attack untuk meng-crack password dan enkripsi dan mendistribusikan serangan Distributed Denial of Service (DDoS). 
Ciri-Ciri Malware di Jejaring Sosial :
Di facebook malware sering menyebar pada saat kita melakukan chatting dengan teman.Biasanya dalam dialog akan muncul sisipan alamat link,jika kita klik maka secara otomatis malware akan menyebar di komputer kita dan mengakibatkan hal yang dapat merugikan kita sebagai pengguna.
Pembuat malware ini mengambil keuntungan dari fitur ini dengan menempelkan sebuah program javascript berbahaya yang secara otomatis mengunduh dan mengeksekusi ketika film sedang diputar.  Bukan hanya Malware,  Spyware akan mengintai dengan  mengumpulkan data mengenai MySpace dari korban, termasuk password login mereka.  Informasi yang dicuri kemudian diunggah keserver dimana film pada awalnya diunduh.Pada instan messaging pun juga menjadi sasaran, salah satunya Yahoo messenger ( YM ). penyebarannya memanfaatkan link melalui YM. Dengan cara ini malware akan menginfeksi  pengguna tanpa sepengetahuannya. Bagi anda yang sering chat menggunakan YM berhati-hatilah pada link dari teman yang tidak kita kenal.

Hal yang dapat dilakukan(pencegahan) :
-Penggunaan Antivirus sangat dianjurkan
-Jangan sembarang klik pada alamat link yang muncul tiba-tiba
-Hati-hati terhadap iklan yang muncul tiba-tiba
-Hindari penggunaan software yang selalu membutuhkan update
-Lakukan backup data

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar